RSS

PTI

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Pengetahuan Dasar Komputer
Computer berasal  Dari bahasa latin ‘computare’ yang artinya menghitung (to compute).
Komputer adl perangkat elektronik yg dapat menerima masukan dan selanjutnya melakukan pengolahan untuk menghasilkan keluaran .]
Perangkat utama komputer adl :
Perangkat Input
Perangkat Proses
Perangkat Output, dan
Perangkat Penyimpanan
Sistem Komputer
Kumpulan elemen-elemen komputer yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dg tujuan menghasilkan informasi sesuai dg yang diharapkan.
Elemen Sistem Komputer
Hardware
Perangkat yg secara fisik terlihat dan bisa diraba
Software
Program yang berisi instruksi untuk pengolahan data
Brainware
Manusia sbg operator
Manfaat Komputer
Bidang Pendidikan
Media pembelajaran interaktif
Bidang Industri
Desain produk dg CAD maupun CAM
Bidang Bisnis dan Perbankan
SIM
Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Simulasi dan Pemodelan
Bidang Penerbangan
Autopilot
Bidang Kemiliteran
Persenjataan
Bidang Kedokteran
Komputer DNA
Bidang Kriminalitas
Pelacakan pelaku kejahatan
Bidang Pemerintahan
E-Government
Karakteristik Komputer
Tidak memiliki emosi
Mampu menyimpan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yg lama
Mampu mengurutkan dan mencari data dalam waktu singkat
Mampu mengolah data yang besar dengan cepat dan akurat
Keunggulan komputer
Ketepatan komputasi
Kecepatan pemrosesan yang terus bertambah
Kekurangan
Statis (Tidak bisa dinamis seperti manusia)
Beresiko diambil alih user yg tidak berhak
Kesalahan terjadi pada komputer, jika:
Komponennya ada yg rusak
Kesalahan input data (Garbage In Garbage Out)

Ilmu Komputer
Menurut Donald Knuth :
“What is computer science? It’s a study of algorithm
Dasar ilmu komputer :
Matematika (metode analisis)
Teknik (metode desain)

Sub Bidang Ilmu Komputer
Algoritma dan Struktur Data
Arsitektur
Rekayasa Perangkat Lunak
Kecerdasan Buatan dan Robotika
Interaksi Manusia dan Komputer
Organisasi Informatika
Bahasa Pemrograman
Sistem Operasi dan Jaringan
Basis Data
Grafika Komputer
Ilmu Komputasi
BioInformatika
Ilmu Komputer dapat direfleksikan dalam 3 hal : teori, abstraksi dan desain.
Teori
Berlandaskan pendekatan matematika.
Abstraksi (Pemodelan)
Investigasi terhadap suatu fenomena.
Desain
Pendekatan teknik .

Kesalahan Persepsi Ilmu Komputer
Ilkom adalah Ilmu yg mempelajari tentang komputer
Komputer hanyalah alat dari ilmu komputer
Ilkom adalah ilmu yang mempelajari penggunaan aplikasi
Aplikasi jumlahnya ribuan
Jenis SDM Bidang Informatika Menurut PBB
IT Worker (ITW)
Mereka yang memiliki kompetensi dan keahlian khusus untuk melahirkan karya cipta (inovasi) di bidang informatika, seperti: program, aplikasi, algoritma, perangkat keras, metodologi, pendekatan implementasi, dan lain sebagainya
IT Enabled Worker (IEW)
Mereka yang memiliki ketrampilan dalam menggunakan TI untuk membantu serta menunjang aktivitas mereka sehari-hari
Analoginya adalah seperti teknisi pembuat mobil dengan pengendara mobil.

Tipe Profesi Lulusan Informatika

Karyawan
Dari level staf hingga tingkatan yang lebih tinggi (baca: manajemen)
Wiraswastawan (baca: entrepreneur)
Membangun usaha mandiri atau menciptakan lapangan kerja bagi orang lain
Profesional
Freelancer yang siap dalam format pekerjaan berbasis proyek atau program;
Birokrat
Pegawai negeri atau karyawan pemerintahan
Akademisi
Pengajar, dosen, atau peneliti di berbagai institusi pendidikan tinggi

Perkembangan dan Klasifikasi Komputer

Perkembangan Komputer
Terjadi setahap demi setahap (evolusi)
Komputer yang lebih baru umumnya mendukung komputer yang sudah ada sebelumnya (backward compatible)
Yang akan dibahas
Perkembangan Hardware
Perkembangan Software

Perkembangan Hardware
Sebelum tahun 1940
Komputer Generasi I (1940 – 1959)
Komputer Generasi II (1959 – 1964)
Komputer Generasi III (1964 – 1970)
Komputer Generasi IV (1970 – 1980an)
Komputer Generasi V (1980an – ….)

Komputer Generasi I
ENIAC
Electronic Numerical Integrator and Calculator
Generasi I komputer digital elektronik
Mulai dibuat tahun 1943, selesai tahun 1946

Komputer Generasi II
Ciri-cirinya :
Menggunakan transistor dan diode utk menggantikan tabung vakum
Menggunakan bahasa tingkat tinggi, spt: Fortran dan COBOL
Komputer Generasi III
Ciri-cirinya :
Menggunakan Integrated Circuit
Kecepatan proses makin tinggi
Contoh komputer generasi III
IBM S/360
UNIVAC 1108, dll
Komputer Generasi IV
1) Penggunaan Large Scale Integration
LSI adl pemadatan ribuan IC dalam sebuah chip (lempengan persegi empat rangkaian IC)
2) LSI dikembangkan lagi menjadi VLSI
IC yg dipadatkan berjumlah puluhanribu hingga ratusan ribu
3) Contoh komputer generasi IV a.l : Apple I, Apple II.

Komputer Generasi V
IBM memproduksi PC secara massal, dikenal dengan platform IBM PC
Komputer 16 bit
Bekerjasama dg Microsoft utk pengembangan S/W di dalamnya
Intel memperkenalkan platform ‘Intel’ yang berbeda dengan IBM
Perkembangan Software
Software adalah perangkat yang memfungsikan hardware komputer
Software komputer terbagi atas :
Software Sistem Operasi
Software Aplikasi
S/W aplikasi a.l :
Bahasa pemrograman
Program aplikasi
Software Sistem Operasi
Fungsi utamanya:
Resource manager
Pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer
Penyedia layanan
Menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai u/ memudahkan penggunaan dan pemanfaatan resource
SO pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1954 untuk komputer IBM 701
SO langsung terintegrasi dg mesin komputer .

UNIX
Muncul tahun 1969
Dibuat oleh Ken Thompson dari Bell Lab.
Tahun 1973 ditulis ulang dg bahasa C
SO pertama yg ditulis dg Bahasa Tingkat Tinggi
Lebih mudah dimengerti dan dikembangkan
Cikal bakal munculnya sistem operasi lain, seperti :
Sun Solaris
IBM OS/400
Linux
Ms. Windows
Windows pertama kali muncul tahun 1985 dg versi 1.0
Berbasis GUI
Berawal dari pengembangan DOS
Windows menjadi sangat populer sejak kehadiran Windows 95
Relatif stabil sejak versi Windows 98.

Linux
Dikembangkan tahun 1991 oleh Linus Torvald, mahasiswa Univ. Helsinki
Berupa kernel u/ prosesor intel 80368
Merupakan turunan dari UNIX
Linux menjadi populer, karena :
Gratis
Open Source
Multi platform
Multi User, Multi tasking
Secure
Makin User friendly.

Distro linux yg gratis, a.l :
RedHat
Fedora
Debian
Ubuntu
Slackware
Backtrack
Mandriva
Software Aplikasi
Bahasa Pemrograman
Bahasa yang digunakan untuk memprogram komputer
Level bahasa pemrograman
Tingkat rendah
Tingkat menengah
Tingkat tinggi
Bahasa tingkat rendah adl bahasa mesin
Dibentuk dengan kode-kode mesin
Sulit dipelajari
Bahasa tingkat menengah
Bahasa assembler
Masih sulit dipelajari, walaupun masih lebih mudah dibanding bahasa mesin
Belum terstruktur
Bahasa tingkat tinggi
Mirip seperti bahasa manusia
Relatif lebih mudah dipelajari

Klasifikasi Komputer
Berdasarkan tujuan pemakaian
Berdasarkan data yg diolah
Berdasarkan ukuran dan kemampuan
Berdasarkan Tujuan Pemakaian
Special Purpose Computer
Dirancang dan digunakan u/ tujuan khusus
Biasanya u/ satu masalah saja
Cth : komputer di bidang diagnosis kedokteran; komputer militer
General Purpose Computer
Digunakan u/ menyelesaikan berbagai masalah
Dapat diisi berbagai macam software
Cth : PC

Berdasarkan Data yg Diolah
Komputer analog
Mengolah data yg sifatnya berkelanjutan dan bukan berupa angka, misalnya arus listrik.
Output biasanya berupa pengaturan atau pengendalian mesin.
Cth : komputer pengukur denyut jantung
Komputer digital
Datanya berupa digit
Dapat menyimpan data selama masih diperlukan
Input dapat dikoreksi dan dihapus
Berdasarkan Ukuran
Large Computer
Disebut juga komputer mainframe
Ukuran fisiknya besar
Biasanya menjadi pusat pemrosesan data
Medium Computer
Sebutan lainnya adalah medium-scale mainframe
Micro Computer
Single User
PC; Laptop

Hardware Komputer

Hardware
Secara fungsional dibedakan menjadi :
Perangkat masukan
Perangkat proses
Perangkat keluaran
Perangkat penyimpanan
Perangkat Masukan
Peralatan yang digunakan untuk menerima data yg akan diolah ke dalam komputer
Prinsip kerjanya adl mengubah perintah yg dipahami manusia menjadi bentuk yg dipahami komputer (kode-kode biner)
Digolongkan menjadi :
Perangkat input langsung
Perangkat input tidak langsung
Perangkat Keluaran
Perangkat yg digunakan untuk menampilkan hasil proses
Perangkat yg terdiri dari alat-alat yg menerjemahkan perintah yg telah diproses oleh komputer ke dalam bentuk yg dimengerti oleh manusia
Ada 2 jenis utama, yaitu :
Bersifat softcopy, cth :
Monitor
Audio
Bersifat hardcopy, cth :
Printer
Plotter
Perangkat Penyimpanan
Digunakan utk penyimpanan data di komputer
Satuannya byte
Jenis memori berdasarkan letak
Internal Memory
External Memory
Jenis memori berdasarkan kekekalan
Temporary Memory
Permanent Memory

Software Komputer

Software
Perangkat yg berisi serangkaian instruksi, prosedur, pengendali sistem komputer
Hardware => Tubuh
Software => Ruh
Jenis-jenis software
Sistem Operasi
Software Aplikasi
Software tidak selalu cocok dg hardware

Sistem Operasi
Program yg bertindak sebagai perantara antara pengguna dengan hardware.
Tujuan SO :
Mempermudah penggunaan komputer
Mengefisienkan kerja H/W
Klasifikasi SO ditinjau dari penggunaannya:
Stand-alone OS
Multiuser/Network OS

Software Aplikasi
Jenis-jenis software aplikasi
Bahasa pemrograman
Program aplikasi

Bahasa Pemrograman
Software bahasa yg dipakai utk merancang atau membuat program, sesuai dg struktur dan metode yg dimiliki bahasa tsb.

Tingkat Bahasa Pemrograman
Bahasa tingkat rendah
Dibentuk dengan kode-kode mesin
Sulit dipelajari
Bahasa tingkat menengah
Bahasa assembler
Masih sulit dipelajari, walaupun masih lebih mudah dibanding bahasa mesin
Belum terstruktur
Bahasa tingkat tinggi
Mirip seperti bahasa manusia
Relatif lebih mudah dipelajari
Generasi Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman berdasarkan generasinya
Generasi pertama
Bahasa mesin
Generasi kedua
Bahasa assembly
Generasi ketiga
Bahasa tingkat tinggi => C, Pascal
Generasi keempat
4th GL => SQL
Generasi kelima
Web Dev => PHP, ASP
OOP => Java, .NET
Bahasa Mesin
Representasi tertulis machine code
Khusus untuk mesin dan dimengerti lsg oleh mesin
Bahasa mesin dibangun oleh sejumlah angka yg dpt diinterpretasikan oleh CPU
Abstraksi bahasa ini adalah kumpulan kombinasi kode biner ‘0’ dan ‘1’

Pendukung Operasi S/W Aplikasi
Analis Sistem
Orang yg bertugas melakukan identifikasi kebutuhan, studi kelayakan dan batasan analisis terhadap sistem yg akan diimplementasikan
Posisi tertinggi dlm pengembangan software
Administrator Jaringan
Pengelola SO dan s/w aplikasi yg digunakan dalam sebuah jaringan komputer
Administrator Database
Mengadministrasi dan merancang database
“God of Data”

Pendukung Operasi S/W Aplikasi
Programmer
Mengimplementasikan sistem yg dirancang ke dalam kode pemrograman komputer
Bekerja berdasarkan hasil analisis dan desain yg dilakukan analis sistem
Operator
End-user
Bertugas mengoperasikan komputer

Representasi Data

Sistem Bilangan
Bilangan adl representasi fisik dari data yg diamati.
Bilangan dapat direpresentasikan dlm berbagai bentuk yg mempunyai arti sama
Dapat dikonversi ke sistem bilangan lain tanpa mengubah makna
Sistem bilangan dlm komputer
Biner
Oktal
Desimal
Hexadesimal
Bilangan Desimal
Angka desimal didasarkan pada basis 10
Memiliki 10 digit berbeda
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9
Mengikuti notasi bilangan arab
Cth : 52710
Bilangan Biner
Angka desimal didasarkan pada basis 2
Memiliki 2 digit berbeda
0 dan 1
Cth : 10012
Bilangan Oktal
Angka desimal didasarkan pada basis 8
Memiliki 8 digit berbeda
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7
Cth : 6248
Bilangan Hexadesimal
Angka desimal didasarkan pada basis 16
Memiliki 16 digit berbeda
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E dan F
Cth : 70A
Konversi Biner ke Desimal
10112 = …10 ?
10112 = (1*23) + (0*22) + (1*21) + (1*20)
= 8 + 0 + 2 + 1
= 1110

Konversi Biner ke Oktal
1100102 = …8 ?
1100102 = 110    010
=  6          2
= 628
Konversi Biner ke Hexa
1001110010112 = …16 ?
1001110010112  = 1001    1100    1011
=   916            C16     B16
=   9CB16
Konversi Desimal ke Biner
910 = …2 ?
Konversi Desimal ke Oktal
52910 = …8 ?
Konversi Hexa ke Desimal
62416  = … 10 ?
= (6 x 162) + (2 x 161) + (4 x 160)
=    1536   +      32      +     4
=  1572

Komunikasi Data dan
Jaringan Komputer

Sistem Komunikasi Data
Melibatkan minimal 2 simpul
Dihubungkan oleh media transmisi
Data yg ditransmisikan berupa isyarat listrik
Gangguan Komunikasi Data
Data yg sampai kepada penerima bisa tidak sama dg yg    disampaikan pengirim
Penyebab Utama
Arah Transmisi
Menyatakan arah isyarat dalam media transmisi
Simplex / One way
Tidak dapat bertindak sebagai pengirim dan penerima sekaligus
Media Transmisi
Penghubung antara pengirim dan penerima u/ melewatkan data
Media kabel
Media nirkabel
Media Kabel
Twisted Pair Cable
UPT
STP
Jaringan Komputer
Hubungan dua atau lebih komputer yang bertujuan u/ melakukan pertukaran data
Memungkinkan berbagi sumberdaya
Jenis jaringan menurut rentang geo
LAN
Mencakup area yg terbatas (<1 Km)
MAN
Mencakup area dg rentang satu kota (10-45 Km)
WAN
Menghubungkan antar kota atau lebih luas lagi.

Topologi Jaringan
Susunan komputer secara fisik dalam suatu jaringan
Bus
Ring
Star
Extended Star
Hierarchial
Mesh
Bus Topologi
Semua node yang terhubung langsung ke satu link
Tidak lain koneksi antara node
Setiap host ditransfer ke kawat umum.
Salah satu keuntungan dari topologi ini adalah bahwa semua host yang terhubung satu sama lain, dan dengan demikian, dapat berkomunikasi secara langsung.
Salah satu kelemahan dari topologi ini adalah bahwa istirahat dalam kabel terputus host dari satu sama lain.
Memungkinkan semua perangkat jaringan untuk melihat semua sinyal dari semua perangkat lain
Lalu Lintas masalah dan tabrakan yang umum.

cincin Topologi

Cincin ditutup tunggal yang terdiri dari node dan link.
Setiap node terhubung ke hanya dua node yang berdekatan.
Semua perangkat kabel secara langsung satu sama lain.
Agar informasi mengalir, setiap stasiun harus menyampaikan informasi ke stasiun yang berdekatan.
Bintang Topologi

Memiliki titik pusat dengan semua link ke node lain memancar dari itu dan memungkinkan ada link lainnya.
Keuntungan utamanya adalah bahwa hal itu memungkinkan semua node lain untuk berkomunikasi satu sama lain, nyaman.
Kerugian utamanya adalah bahwa jika node pusat gagal, seluruh jaringan menjadi terputus ..
Aliran semua informasi akan pergi melalui satu perangkat.

Diperpanjang Topologi Star

Mengulangi topologi star, kecuali bahwa setiap node yang link ke node pusat, juga, pusat bintang lain.
Keuntungan dari ini adalah bahwa itu membuat kabel berjalan lebih pendek, dan membatasi jumlah perangkat yang perlu interkoneksi untuk setiap satu simpul pusat.
Sebuah topologi extended star sangat hirarkis, dan informasi didorong untuk tetap lokal
Hierarchical Topology

Serupa dengan topologi extended star
menggunakan simpul trunk dari mana, maka, cabang ke node lain.
Batangnya adalah kawat yang memiliki beberapa lapisan cabang.
Aliran informasi hirarkis.
Mesh Topologi

Setiap node terhubung langsung ke setiap node lainnya.
Keuntungan adalah bahwa
Haruskah setiap link gagal berfungsi, informasi dapat mengalir melalui sejumlah link lain untuk mencapai tujuannya.
Memungkinkan informasi mengalir di sepanjang jalan banyak perjalanan melalui jaringan.
Kerugian fisik utama adalah jumlah media untuk link, dan jumlah koneksi ke link menjadi luar biasa.
Sangat tergantung pada perangkat yang digunakan.

Perangkat  interkoneksi Antar jaringan
Interkoneksi Antarjaringan
Hubungan antara dua buah jaringan atau lebih.

Perangkatnya
Repeater / Hub
Bridge / Switch
Router

Basis Data

Basis Data dan DBMS

Database
Pengorganisasian sekumpulan data yg saling terkait, sehingga memudahkan perolehan informasi
Dimaksudkan mengatasi problem pada sistem yg memakai pendekatan berbasis berkas
DBMS
S/W pengelola basis data
Memungkinkan user membuat, memelihara, mengontrol dan mengakses basis data secara praktis dan efisien

Komponen Lingkungan DBMS
Hardware
Utk menjalankan DBMS beserta aplikasinya
Software
Mencakup aplikasi, DBMS itu sendiri, dll
Data
Prosedur
Orang
Administrator DB
Bertanggungjawab terhadap manajemen basis data
1)Tugas DBA secara umum
Mendefinisikan basis data
Mendefinisikan struktur dan metode akses penyimpanan
Menentukan keamanan basis data
Memelihara basis data

Arsitektur Basis Data
Tujuannya agar DBMS dapat diakses secara efisien tanpa mengharuskan pemakai tahu detail penyimpanan dan pemeliharaan data
Level arsitektur DB
Level Eksternal
Level yg berhubungan langsung dg pemakai
Pemakai cukup mengenal struktur data yg sederhana u/ mengakses basis data
Bahasa DBMS
1)Data Definition Language
Digunakan u/ mendefinisikan skema basisdata
2)Data Manipulation Language
Perintah-perintah yg digunakan u/ melakukan hal-hal berikut:
Mengambil data
Menambah data
Mengubah data
Menghapus data

Structured Query Language
Mengambil semua record dari tabel
Select * from <nama_tabel>
Mengambil semua record dari tabel pada kolom tertentu
Select <nama_kolom> from <nama_tabel>
Mengurutkan record berdasarkan kolom tertentu
Select * from <nama_tabel> order by <nama_kolom> [asc|desc]
Mengambil semua record dari tabel dg syarat tertentu
Select * from <nama_tabel> where <kondisi>

Internet dan Web

Internet
Internet : Jaringan fisik yang menghubungkan banyak komputer dan menggunakan protokol yang sama untuk berbagi informasi.
Koneksi ditangani oleh protokol TCP/IP
Mensyaratkan adanya identitas unik berupa alamat IP
Nama domain digunakan utk mempermudah mengingat alamat komputer
Sejarah Internet
Departemen Pertahanan Amerika mengembangkan konsep jaringan tersebar dan tidak terpusat
Kemampuan u/ bertahan (mis. Jaringan tetap berfungsi meskipun salah satu titik diserang)
Toleransi kesalahan (mis. Jaringan tetap berfungsi meskipun di salah satu titik terjadi kegagalan)
Advanced Research Project Agency mendanai ARPANET pada thn 1969
menghubungkan komputer di UCLA, UCSB, SRI dan Utah
Memungkinkan peneliti berbagi data dan berkomunikasi
World Wide Web
Kumpulan dokumen-dokumen yang terhubung yg disimpan di Internet dan diakses dengan menggunakan protokol HTTP
Tim Berners-Lee dari European Particle Physics Laboratory (CERN) mendesain sistem hypertext untuk menautkan dokumen melalui internet
Mendesain bahasa HTML untuk menspesifikasikan isi dokumen
Mendesain protokol HTTP untuk mendownload dokumen
Membuat browser yang berbasis teks
Hubungan Web dg Internet
Web  Internet
Internet sebagai Hardware ;
Web sebagai software
Web adalah salah satu aplikasi yg berjalan di internet
Aplikasi lain yg berjalan di Internet a.l :
Telnet
FTP
E-Mail
IM

HTML
HTML adalah bahasa untuk membangun sebuah halaman web yang statis.
Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee dan telah menjadi standar penulisan web oleh W3C (World Wide Web Consortium) sejak tahun 1996.
HTML telah memasuki generasi keempat.
Bahasa ini disebut hypertext karena halaman-halaman web lebih dari sekadar teks.
Dapat berisi multimedia serta menyediakan link yang menghubungkan antar halaman web.
Sedangkan markup mengacu pada fakta bahwa HTML bekerja dengan simbol(tag)
Mengidentifikasi struktur dan tipe isinya.
Server Side Programming
Script-nya harus ditaruh di dalam web server
Contoh web server
IIS
PWS
Apache
Xitami
Ancaman Keamanan di Internet
Virus
Worm
Trojan Horse
Phising
dll

Introduction
Blog WordPress.com

Manfaat menulis/membuat sebuah Blog
Sebagai catatan pengetahuan kita agar tidak hilang begitu saja karena lupa atau terselip
Sebagai sarana untuk membandingkan pendapat / ide2 seseorang
Mengungkapkan pendapat secara tertulis
Memanfaatkan blog sebagai bisnis
Sarana belajar komputer
Dan untuk menambah teman .

Blog dapat Berisi
Catatan harian atau beberapa pendapat yang ingin ditulis si pemilik blog
Ide2, opini, dan pendapat anda
Berita terkini dan ulasannya menurut pendapat anda
Pelajaran sekolah, kuliah dan kursus
Tips dan trik misalnya seputar olahraga, musik, masak-memasak, otomotif dll
Pengalaman pribadi yang berguna bila dibaca orang lain.

Hindari menulis Blog dengan Copy Paste
Karena tidak bermanfaat dan tidak akan mengasah kreativitas kita
Pada saat anda mendaftar di wordpress.com dijelaskan aturan tidak boleh meng-copy paste atau istilahnya scrap blog
dll .

Syarat membuat Blog
Memiliki email
Koneksi internet
Bisa mengoperasikan aplikasi2 komputer

Pendaftaran wordpress.com
Langkah2 pendaftaran cukup sederhana :
Buka http://wordpress.com
Klik pada tulisan Sign Up Now
Isikan data2 anda dan nantinya blog anda memiliki alamat http://username.wordpress.com
Jika username tersedia, pilih bahasa blog anda selanjutnya klik sign up.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: